Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa

Salah satu masalah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah degradasi karakter generasi muda. Sistem pendidikan yang mementingkan “hasil” daripada “proses” akan membuat siswa cenderung melakukan hal-hal untuk mendapatkan hasil yang baik, tidak terkecuali melakukan hal-hal yang tidak baik. Misalnya saja mencontek saat ulangan, melakukan copy-paste pekerjaan teman atau dari inetrnet tanpa menuliskan sumber, melakukan manipulasi data eksperimen dan lain-lain. Selain karena pendidikan di Indonesia yang masih mementingkan “hasil” daripada “proses”, banyaknya tayangan TV yang kurang mendidik juga menjadi penyebab degradasi karakter generasi muda. Misalnya saja, beberapa kasus anak-anak yang mengunggah foto bersama pacarnya seperti adegan pada sinetron di salah satu channel TV swasta. Kasus tersebut menjadi salah satu perbincangan di media sosial yang menggambarkan betapa kurang mendidiknya tayangan TV saat ini.

Sumber gambar: lenteraawliya.wordpress.com

Seperti yang dikatakan Mendikbud Muhadjir Efendi pada pembukaan Kongres Taman Siswa ke 21 di Yogyakarta (6/12/2016) bahwa pendidikan dasar adalah pondasi, jika karakter di pendidikan dasar kuat, maka bangunan di atasnya akan kokoh, tidak mudah ambruk oleh terpaan budaya asing. Peran orang tua dan guru di sekolah untuk pendidikan karakter anak-anak mereka sangat penting. Para orang tua tidak bisa lepas tangan menyerahkan anak-anaknya kepada guru di sekolah, karena jam sekolah yang terbatas. Namun disisi lain guru juga tidak bisa memberikan tanggung jawab pendidikan karakter kepada orang tua dan hanya bertanggung jawab di bidang akademik saja. Sinergitas berbagai pihak diperlukan dalam pendidikan karakter untuk generasi muda.

Sumber gambar: purwoudiutomo.com

Untuk menjadi bangsa yang kuat, diperlukan generasi muda yang berkarakter. Generasi yang berkarakter perlu dibangun dari segi pendidikan. Ketika pendidikan karakter terintegrasi dalam sistem pendidikan naional baik formal maupun nonformal (dan informal) maka generasi berkarakter akan lahir. Generasi itulah yang akan membangun bangsa Indonesia.

About Wulan

Perkenalkan nama saya Ajrina Rizqi Wulan Suci. Saya biasa dipanggil Wulan. Saya adalah mahasiswa S1 prodi pendidikan kimia di Universitas Negeri Semarang. Terimakasih sudah berkunjung di blog saya :)

11 Comments

  1. terimakasih qaqa sudah membantu saya

  2. Mayang anugraheni

    Wah bagus sekali blognya kak sangat membantu

  3. Nice info mbak

  4. Informasinya bermanfaat sekali

  5. Isinya cukup menarik dan bermanfaat kak

  6. bagaimana jika peran org tua tdk maksimal krn sibuk kerja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *